Translate

Senin, 01 April 2013

Pisang, Obat Stres Paling Murah dan Aman

http://bengkuluekspress.com/wp-content/uploads/2013/02/images11.jpgGaya hidup di kota besar yang serba berpacu dengan waktu seringkali memicu timbulnya stres berkepanjangan yang ditandai antara lain oleh kondisi tubuh mudah lelah dan sering diikuti gejala susah buang air besar atau sembelit.

Stres yang tidak dikelola baik akan pada akhirnya akan berujung kepada depresi.

Dalam dunia medis depresi terlihat apabila seseorang memperlihatkan gejala seperti perasaan sedih, rasa lelah berlebihan setelah aktivitas rutin, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur atau insomnia.

Untuk mengatasi gejala depresi tersebut dokter biasa meresepkan obat antidepresan untuk mengurangi rasa gelisah dan meningkatkan mood serta menurunkan tekanan darah dan insomnia.

Pisang ternyata memiliki khasiat seperti obat antidepresan. Pisang banyak mengandung serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon di tubuh yang mengawal mood, mengurangkan emosi negatif, dan membuatkan seseorang menjadi lebih bahagia.

Orang yang gembira dan senang pasti memiliki jumlah serotonin di darah yang banyak, tetapi sebaliknya jika kekurangan serotonin, seseorang akan mudah murung, tersinggung, dan selalu marah-marah. Berbagai riset sudah membuktikan bahwa asupan serotonin dapat meningkatkan mood dan mengurangi gelisah.

Di banyak negara-negara di Benua Afrika, ibu-ibu yang kehamilannya sudah memasuki umur 7 bulan selalu disarankan mengoonsumsi 1–2 pisang setiap hari untuk menjaga stabilitas emosi sang ibu menjelang masa melahirkan.

Pisang juga memiliki pottasium yang dapat menurunkan tekanan darah sehingga orang akan menjadi lebih rileks. Pottasium juga membuat jumlah oksigen di darah meningkat dan membuat fungsi hati lebih baik.

Berapa banyak pisang yang perlu dikonsumsi? Untuk sehari-hari biasakanlah memakan 1 buah pisang sebelum beraktivitas kerja dan bila memungkinkan sebuah lagi sepulang kerja.

Jenis pisang yang dikonsumsi bebas karena semua jenis pisang kaya serotonin dan pottasium. Hanya dengan mengeluarkan Rp3.000–Rp4.000/hari untuk membeli 2 buah pisang, Anda tidak lekas stres atau depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar