Translate

Selasa, 23 April 2013

Gejala Kanker Yang Wajib Diwaspadai

Penting bagi pria dan wanita penderita kanker untuk mengetahui perubahan tertentu pada tubuhnya yang bisa saja mengindikasikan kanker. Simak gejala kanker yang sering diabaikan pria seperti dikutip dari Emaxhealth berikut ini.
1. Perubahan pada payudara

Tak banyak pria yang mengidap kanker payudara tapi bukan berarti pria tak berisiko mengalaminya. Bahkan National Cancer Institute, AS memperkirakan pada 2013 akan ada lebih dari 2.200 pria yang mengidap kanker ini. Perubahan pada payudara yang dapat mengindikasikan kanker payudara pada pria diantaranya kerutan atau cekungan pada payudara, puting masuk ke dalam, benjolan di payudara, kulit payudara atau puting yang memerah serta puting mengelupas.

2. Ukuran dan berat testis berubah

Apakah testis mendadak terasa berat atau ukurannya berubah? Bisa jadi itu kanker. Kanker testis biasanya menyerang pria berusia 20-39 tahun tapi kalaupun usia lebih dari itu dan masih menemui gejala yang dimaksud, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.

3. Berat badan turun secara mendadak

Jika bukan karena mengikuti program diet tapi mengalami penurunan berat badan secara mendadak, katakanlah 10 persen dari berat badan hanya dalam kurun waktu 3-6 bulan, maka kondisi itu patut dikhawatirkan.

4. Perubahan kelenjar getah bening

Karena ada lebih dari 500-an kelenjar getah bening di dalam tubuh, tak perlu mengeceknya satu-persatu. Tapi secara rutin perlu diperiksa apakah kelenjar getah bening di ketiak, leher dan alat kelamin membengkak atau tumbuh melebihi ukuran normal. Jika iya, bisa jadi itu adalah gejala sebuah infeksi ataupun kanker.

5. Demam yang tak diketahui sebabnya

Jika suatu ketika tahu-tahu terserang demam dan demam itu tak kunjung hilang, inilah saatnya mengecek apa yang terjadi. Demam sendiri sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi, apalagi jika demamnya tak dapat diketahui asal-usulnya karena bisa jadi hal ini mengindikasikan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar