Translate

Senin, 01 April 2013

Stres Mereda Seketika Tanpa Obat Mahal

TIDAK perlu menghabiskan uang puluhan juta untuk menyembuhkan stres yang tidak kunjung reda. Lalu, apa obatnya?

Ternyata, Anda cukup merenungkan apa yang menjadi titik permasalahan yang dihadapi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan Journal Health Psychology yang menjelaskan seseorang yang melakukan metode perenungan kesadaran (meditation mindfullness) berdampak pada menurunnya tingkat hormon stres kortisol dalam tubuh.

"Hasil penelitian ini memang menjelaskan bahwa ada hubungan secara langsung antara turunnya hormon kortisol dengan cara perenungan kesadaran, dari beberapa jenis skala metode perenungan ini," kata seorang peneliti di University of California, Davis Center for Mind and Brain, sebagaimana dilansir Huffington Post.

Penelitian tersebut, kata dia, mencatat sebanyak 57 orang menghabiskan tiga bulan di sebuah ruang meditasi, di mana mereka sebelumnya mempunyai masalah keterampilan memecahkan masalah, diajarkan bernapas dengan baik dan berpikir positif terhadap segala keadaan mental. Selain itu, mereka diberi tugas harian dan belajar pemecahan kasus dan isi pikiran mereka saat itu.

Terkait hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa para peserta yang sudah menerapkan perenungan ternyata sadar atas semua masalah, memiliki hormon stres kartisol lebih rendah. Berbeda sekali ketika mereka belum mengetahui metode perenungan kesadaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar